Breaking News

Tulis & Tekan Enter
Logo        
images

Ratusan Pedagang Tolak Relokasi Gudang Garam Kediri

Ratusan pedagang di sekitar Unit I Pabrik Rokok PT Gudang Garam Tbk Kediri, Jawa Timur meluruk Kantor Kelurahan Semampir. Mereka berunjuk rasa menolak relokasi yang dilakukan oleh pihak pabrik.

"Kami sudah puluhan tahun berjualan disana (sekitar Unit 1), kenapa sekarang dilarang. Padahal, kami tidak pernah mengganggu fasilitas umum atau merugikan," ungkar Mardi, salah seorang pedagang yang mengku sudah berjualan selama 30 tahun, Rabu (14/5/2014) siang.

Pedagang sempat ditemui oleh Kepala Kelurahan (Kakel) Semampir Hariyono di ruang kerjanya. Tetapi, pihak kakel dapat mencegah upaya relokasi yang akan dilakukan oleh pihak Gudang Garam. Namun demikian, dia berjanji akan berkomunikasi dengan pihak perusahaan, untuk memperjuangkan nasib pedagang.

"Rencana relokasi pedagang di sekitar Unit 1 Gudang Garam sebenarnya sudah disosialisasikan. Mereka akan dipindah ke pasar sekitar Unit 8 Gudang Garam. Tetapi, mengenai permintaan mereka menolak pindah, akan kami sampaikan kepada pihak perusahaan," kata Hariyono.

Merasa tidak puas dengan jawaban pihak kelurahan, para pedagang kemudian mendatangi perkantoran Unit 1 Gudang Garam. Akan tetapi, pihak pabrik hanya memberikan fasilitas dialog untuk beberapa orang pedagang saja. Dialog pun berlangsung secara tertutup, wartawan tidak diperbolehkan masuk untuk meliput.

Petugas keamanan pabrik tidak mengijinkan wartawan masuk, karena mendapat perintah dari atasannya. Keamanan menutup pintu gerbang Unit 1 dan meminta wartawan menunggu di luar.