Tulis & Tekan Enter
Logo        
images

Gambar : aladokter.com

6 Fakta Jantung Koroner

Kerabat sigma, Jantung Koroner merupakan salah satu penyakit penyebab kematian terbanyak di dunia yaitu sebesar 17,9 juta jiwa dan itu setara dengan 31 persen kematian di dunia, bisa dibayangkan  seberapa bahaya penyakit ini.

Inilah beberapa fakta tentang jantung coroner, mulai penyebab, faktor risiko, gejala sampai cara mencegahnya. Yuk simak!

  1. Penyakit jantung disebabkan oleh penyumbatan pembuluh darah baik di area jantung maupun di seluruh tubuh, sehingga oksigen, nutrisi dan darah tidak dapat mengalir dengan baik hal ini disebabkan oleh plak kolesterol dan proses peradangan. Rusaknya lapisan dalam arteri tersebut disebabkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, merokok, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, dan diabetes.
  1. Usia, jenis kelamin dan riwayat keluarga menjadi faktor risiko yang menyebabkan penyakit jantung koroner. Pria berpeluang besar terserang penyakit ini. Semakin bertambah usia maka semakin tinggi resiko menderita jantung coroner. Mempunyai keluarga yang menderita penyakit jantung coroner juga dapat meningkatkan risiko .
  1. Gejala yang paling umum terjadi diantaranya nyeri pada dada, dimana nyeri tersebut bisa menjalar keseluruh tubuh bagian kiri dan akan hilang dengan istirahat. Serangan jantung terjadi apabila terjadi blockade total dari arteri koroner. Apabila jantung gagal memompa darah ke seluruh tubuh, gejala sesak napas bisa timbul.
  1. Tangan berkeringat berlebihan bukan pertanda jantung lemah, tangan berkeringat hanya pertanda bahwa tubuh dalam kondisi yang sedang cemas, atau ketika tubuh sedang melakukan pekerjaan yang berat.
  1. Cara mencegah penyakit jantung koroner dengan memperbaiki gaya hidup seperti berhenti merokok, mengkonsumsi makanan tinggi serat dan rendah lemak, rutin olahraga, menurunkan berat badan dan menghindari stress dan lakukan medical check up secara rutin untuk mengetahu kondisi kesehatan tubuh.
  1. Olahraga yang diperbolehkan oleh penderita jantung koroner yaitu berjalan kaki, meditasi, sepeda santai dan aerobik dan beberapa olahraga lainnya yang tidak membuat kerja otot jantung menjadi berat.

Nah, itu dia beberapa fakta mengenaik penyakit Jantung Koroner. Simak juga bahasan lengkap seputar seputar kesehatan lainnya bersama RS HVA Tulungrejo Pare, setiap Selasa mulai jam 8-9 pagi hanya di 106,9 Sigma FM.

 

Kontributor : Putri Nurbaiti

Editor : Inggil S.