Piala Dunia 2014: Jerman Jadi Tim Eropa Pertama Yang Meraih Juara Dunia Di Amerika Latin Olahraga

Olahraga

Jerman tak hanya menjadi kampiun Juara Dunia 2014. Lebih dari itu, sederet catatan sejarah juga diukir Mario Gotze dkk di pentas kompetisi sepak bola terbesar sejagad ini.

Mengalahkan Argentina di final dan keluar sebagai pemenang, Jerman berhasil mencatat sejarah sebagai negara Eropa pertama yang berhasil menjadi juara di tanah Amerika Selatan.

Dilansir oleh laman iberita.com (14/7/2014), Jerman akhirnya bisa memutus kutukan bahwa tidak ada negara Eropa yang bisa menjuarai Piala Dunia ketika digelar di Amerika Selatan atau Amerika Latin. Dalam sejarahnya, Piala Dunia sudah lima kali digelar di tanah tersebut. Dan baru kali pertama di tahun 2014 ini lah Jerman sebagai tim Eropa yang berjaya di tanah Latin.

Jika melompat ke masa lalu, Piala Dunia 1930 pernah digelar di Uruguay. Kala itu semua wakil Eropa gagal menembus final yang diisi oleh Uruguay dan Argentina. Dalam laga itu Uruguay menang 4-2 lewat gol-gol dari Pablo Dorado, Pedro Cea, Santos Iriarte, dan Hector Castro. Sedangkan dua gol Argentina dikemas Carlos Peucelle dan Guillermo Stabile.

Beralih ke tahun 1950, putaran final Piala Dunia digelar di Brazil dan saat itu format pertandingan belum seperti ini. Namun setelah melalui fase grup pertama, kemudian empat tim terbaik masuk ‘grup final’ dan mereka harus saling berhadapan. Saat itu laga penentuan terjadi antara Uruguay vs Brazil dimana Uruguay berhasil menjadi juara yang kemudian timbul istilah Maracanazo.

Berikutnya terjadi di Piala Dunia 1962 yang digelar di Chile. Cekoslovakia menjadi wakil Eropa pertama yang berhasil menembus final yang digelar di Amerika Selatan. Sialnya saat itu Cekoslovakia harus menyerah 3-1 dari Brazil di laga final.

Argentina kemudian menjadi tuan rumah Piala Dunia 1978. Dan di laga final, Argentina berhasil menghentikan perlawanan Belanda dengan skor 3-1 melalui babak perpanjangan waktu. Sebuah gol dari Belanda oleh Dick Nanninga menjadi tak berarti karena Argentina bisa mengemas gol lebih banyak melalui Mario Kempes (2 gol) dan Daniel Bertoni.

Jerman kemudian berhasil memupus mitos buruk itu di Piala Dunia 2014 Brazil. Menghadapi Argentina, Jerman akhirnya bisa keluar sebagai juara setelah satu gol telat Mario Gotze di menit 113 memastikan Jerman berpesta sebagai Juara Dunia 2014.

 

dangdut Ajang Siar unik hobi gadget bulu tangkis bola kuliner kediri manca indo internasional fresh music olahraga karir program terbaru tekno event nasional kediri kesehatan movie indonesia

    0 Komentar Pada Artikel Ini

 

Tinggalkan Komentar